Ini Solusi yang Mau Nikah tapi Tak Punya Uang Panaik ?

Sebelum ke Solusi kita bahas dulu apa itu Uang Panaik.

UANG PANAIK???? Bagi yang berasal dari suku bugis makassar tentunya tidak asing lagi dengan kata ini...

Menurut catatan Facebook yang dikutip dari “Jangan Mengeluh,kalian Bahkan Tidak Lebih Sakit” dan di publish ke sebuah blog “goresantintasangperantau. blogspot.com."

Makna Uang panaik sebagi berikut :
Uang panaik bermakna pemberian uang dari pihak keluarga calon mempelai laki-laki kepada keluarga calon mempelai wanita dengan tujuan sebagai penghormatan. Uang panaik merupakan hadiah yang diberikan calon mempelai laki-laki kepada calon istrinya untuk memenuhi keperluan pernikahan. 
Uang Panaik berbeda dengan mahar. Jika mahar adalah pemberian berupa uang atau harta dari pihak laki-laki kepada pihak perempuan sebagai syarat sahnya pernikahan MENURUT AJARAN ISLAM. Mahar dipegang oleh istri dan menjadi hak mutlak bagi dirinya sendiri. 
Jumlah Uang Panaik
Uang panaik yang diberikan oleh calon suami jumlahnya lebih banyak daripada mahar. Kisaran jumlah uang panaik dimulai dari 25 juta, 30, 50 dan bahkan ratusan juta rupiah. Hal ini dapat dilihat ketika proses negosiasi yang dilakukan oleh utusan pihak keluarga laki-laki dan pihak keluarga perempuan dalam menentukan kesanggupan pihak laki-laki untuk membayar sejumlah uang panaik yang telah dipatok oleh pihak keluarga perempuan.
Terkadang karena tingginya uang panaik yang dipatok oleh pihak keluarga calon istri, sehingga dalam kenyataannya banyak pemuda yang gagal menikah karena ketidakmampuannya memenuhi “uang panaik” yang dipatok,sementara pemuda dan si gadis telah lama menjalin hubungan yang serius. Dari sinilah terkadang muncul apa yang disebut silariang atau kawin lari.
Karena tingginya uang panaik apalagi sekarang ini sudah berkisar dari 50 Juta ke atas semakin mematahkan semangat bagi pejuang cinta untuk datang melamar pujaan hatinya, takut jika nantinya tak mampu menyediakan sejumlah uang panaik yang di patok oleh keluarga si pujaan hati.



Kini solusi bagi yang pengen nikah namun tabungan/simpanan belum mencukupi anda boleh kredit, terserah anda mau milih kredit Pernikhan dengan Jaminanat atau Pernikahan Tanpa Jaminan. 

Inilah solusinya yang dilansir  dari makassar.tribunnews.com (23/06/15) “Mau Nikah tapi Tak Punya Uang Panaik? Silakan Kredit di Sini

PT Batavia Prosperindo Finance Tbk yang bakal membuka pembiayaan multiguna. Perusahaan pembiayaan milik Grup Batavia ini membidik tiga pembiayaan multiguna tahun ini. Salah satunya, Direktur Utama Batavia Finance Markus Dinarto Pranoto menjelaskan, pihaknya ingin menggarap pembiayaan multiguna di sektor perumahan.

Selain pembiayaan perumahan, Batavia juga menangkap peluang dalam pembiayaan pernikahan. Pembiayaan Pernikahan dengan Jaminan dan Pernikahan tanpa Jaminan.

Adapun aturan main untuk mengajukan pembiayaan pernikahan dengan jaminan ini sangatlah mudah.
  • Nasabah menggadaikan mobil. Uang hasil gadai mobil ini akan dijaminkan untuk pembiayaan pernikahan.
Untuk pembiayaan tanpa jaminan ini, calon pengantin diharuskan memiliki rencana satu tahun sebelum hari pernikahan. (Konsep ini masih didalami).

"Kami akan membayarkan vendor-vendornya mulai dari membayarkan hotel dan katering. Uang sumbangan dari para tamu akan digunakan untuk membayar pembiayaan yang dikeluarkan Batavia," imbuh Markus.

Batavia melihat peluang pembiayaan pernikahan merupakan lahan yang sangat potensial.


Gambar meme lucu tema Uang Panaik 
(hanya hiburan semata)




Prosesi Khitanan (Bugis & Makassar)

Sumber : 

3 komentar: Leave Your Comments