Cara mengusulkan Bantuan Siswa pada Aplikasi PIP.


Berikut panduan singkat cara pengisian Aplikasi Verifikasi Indonesia Pintar.

Singkat saja, gak usah dijelasin panjang lebar. Untuk penjelasan Apa itu PIP,dan besaran dana yang diterima bantuan siswa silahkan baca disiniContoh Format Usulan baca disini.

Langsung ke topic, atau anda bisa Download Panduan Manual Penggunaan Aplikasi PIP.PDF

Untuk menginput data siswa yang di usulkan sebagai calon penerima tunjangan silahkan anda login padaaplikasi Verivikasi Indonesia Pintar, atau anda boleh klik disini.
  • Login sebagai Operator Sekolah Jika anda Opreator sekolah, masukkan email dan password yang sama ketika anda ingin login di aplikasi dapodik.
  • Apabila halaman Verifikasi telah terbuka (bukanya di Google Chrome biar cepat) ada tiga fitur aktif yaitu Dashboard, Penjaringan, dan laporan. tentu ketiga fitur itu memilik peran yang berbeda. 
  • Sekarang siapkan data siswa yang akan anda usulkan sebagai penerima bantuan, jika semuanya sipa maka klik Penjaringan lalu pilih >> Input Pajaringan PIP.
  • Lengkapi laporan rekapitulasi usulan yaitu: Jenjang Pendidikan,tahun, semester,tahap, propinsi, kabupaten/kota, dan cari nama Sekolah anda.
  • Tahap selanjutnya pilih nama siswa anda yang akan diusulkan sebagi penerima bantuan sesuai dengan data pada Format Usulan (FUS) Bantuan siswa Miskin yang anda telah buat manual di file exel. Contoh FUS lihat disini
  • Jika siswa yang anda usulkan berasal dari rumah tangga pemilik KPS dll maka pengusulan melalui Aplikasi Dapodik sekolah anda. pada aplikasi dapodik tak bosan bosannya mengingatkan anda bahwa ;
  • Selajutnya jika nyang anda usulkan tidak memilik KPS tapi masuk kategori yang dipersyaratkan maka cari nama siswa tersebut, isi tahapan, Jenis (anda pilih FUS), pilih YA jika diusulkan.
  • Setelah selesai Klik SIMPAN pada pojok kanan bawah, boleh satu persatu siswa, boleh juga sekaligus setelahy selesai semua lalu klik simpan. Tunggu sam[ai muncul dialog box OK..
  • Belum selesai sampai klik SIMPAN, sekarang anda beralih ke fitur  LAPORAN.

Pada fitur laporan ada empat Sub Laporan yaitu: Rekapitulasi Penerima _ Rekapitulasi Usulan _ Rekapitulasi Verfikasi KPS _ Rekapitulasi Validasi Ulang KPS.

Silahkan cek  atau cetak daftar siswa yang anda usulkan tadi, jika dia pengguna KPS maka klik Rekapitulasi Penerima, sebaliknya jika dia masuk pada daftar FUS maka untuk mengecek klik Rekapitulasi Usulan. akan terlihat siswa yang anda daftarkan tadi. 

Ok. Sampai disini dulu, begitu saja,  bagaimana singkatkan,he he heee ???

Mau lebih jelasnya silahkan Download Manual Penggunaan Aplikasi PIP.pdf Disini
Silahkan daftar siswa anda, usulkan yang betul betul berhak untuk mendapatkan bantuan, betul betul perlu dibantu…

1 komentar: Leave Your Comments