Lima ciri Guru Berkualitas

Guru merupakan profesi yang sering disebut sebagai "Pahlawan tanpa tanda jasa". Menjadi guru memang sebuah pekerjaan yang menyenangkan dan di satu sisi juga membutuhkan kesabaran serta kesediaan mengajar dengan tulus. Tak jarang dalam mengajar, para guru akan menghadapi berbagai kesulitan menertibkan muridnya, menyampaikan materi, hingga pembelajaran yang efektif..
Kualitas pendidik yang bagus dan berkualitas rasanya sangat diperlukan demi menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas pula. Maka dari itu, seorang guru yang baik pastinya sungguh didambakan bagi para murid maupun orang tua.
Lalu, apa saja kriteria guru yang dikatakan berkualitas?



Dikutip dari Sekolahku.comBerikut adalah 5 hal yang harus dimiliki agar menjadi guru yang berkualitas:

1. Sabar dan Percaya Diri

Mendidik murid dibutuhkan kesabaran ekstra dan perlakuan yang tepat. Karena setiap murid memiliki pemahaman yang berbeda dalam menerima pelajaran. Dampingi murid serta tanyakan kesulitannya dengan sabar, hingga sang murid paham benar terhadap materi pelajaran.

Selain itu, memiliki kepercayaan diri merupakan sebuah nilai plus bagi guru. Terkadang banyak ditemui kejadian seperti gugup dan tidak percaya diri di kelas, sehingga mengakibatkan tidak terkontrolnya ruang kelas yang menimbulkan kegaduhan. Lain halnya bila guru percaya diri. Mereka akan memutar otak untuk memetakan apa yang menyebabkan kelas tidak kooperatif, dan segera mengendalikan situasi, sehingga akhirnya dapat mengambil alih keadaan kelas yang kacau.

2. Kesediaan membantu siswa mencapai tujuan

Tidak sekedar formalitas dalam berkarir saja, guru yang baik tentunya sangat peduli kepada siswanya dalam menggapai tujuan atau penguasaan materi. Guru yang baik tahu bahwa ada beberapa siswa yang memerlukan perhatian atau bantuan ekstra. Mereka menyadari bahwa prestasi bukan hanya nilai yang baik pada tes, tetapi dengan menguasai subjek.

3. Bisa berkomunikasi dengan Baik Orang Tua

Terkadang komunikasi terhadap orang tua diperlukan agar mereka tahu bagaimana mengatasi siswa yang mengalami kesulitan. Mereka juga siap menjadi seorang konsultan bagi para orang tua terhadap anak muridnya.


4. Punya keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang guru yang baik memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa mempromosikan perubahan perilaku positif di dalam kelas. Tidak hanya memiliki ketereampilan mendisiplinkan, guru yang baik juga perlu memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik dan dapat memastikan perilaku siswa yang baik, saat siswa belajar dan bekerja sama secara efektif, membiasakan menanamkan rasa hormat kepada seluruh komponen didalam kelas.

5. Pengetahuan tentang subyek yang diajarkan


Sebenarnya ini merupakan hal yang wajib dimiliki bagi seorang pendidik. Pengetahuan yang luas dan pemahaman yang fasih terhadap subyek yang diajarkan menjadi poin penting bagi guru berkualitas. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

Dari Lima ciri guru diatas apakah anda guru yang masuk kategori diatas ?? 

Banyak faktor yang memengaruhi prestasi akademik seorang siswa, mulai dari karakter individual, dukungan dari keluarga, infrastruktur, serta lingkungan yang kondusif. Namun terlepas dari semua itu, guru adalah yang paling berpengaruh. Guru yang berkualitas memegang peranan kunci dalam membantu siswa mencapai prestasi terbaiknya." Guru berkualitas menghasilkan pendidikan yang berkualitas pula.

0 komentar:

Poskan Komentar