BENTUK BLANGKO IJAZAH DIKDAS dan DIKMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ijazah adalah dokumen resmi yang diterbitkan sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau  penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian.

Blangko Ijazah adalah format resmi yang dicetak oleh Pemerintah dan/atau pemerintah daerah yang akan digunakan sebagai Ijazah; Ijazah diterbitkan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi.

Blangko  Ijazah memuat:
a.      Identitas peserta didik dan satuan pendidikan;
b.  Pernyataan bahwa peserta didik yang bersangkutan telah memenuhi seluruh kriteria dan dinyatakan lulus dari satuan pendidikan; dan
c.      Daftar nilai mata pelajaran yang ditempuhnya;

Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Tentang : Perubahan Bentuk Spesifikasi,dan Pencetakan Blangko Sertifikat Hasil Ujian Nasional Pada Pendidikan Dasra dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajran 2014/2015. Nomor023/H/EP/2015  #Litbang Kemdikbud

Beberapa ketentuan dalam Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Nomor 023/H/EP/2015 tentang Bentuk, Spesifikasi, Dan Pencetakan Blangko Sertifikat Hasil Ujian Nasional Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2014/2015 sebagaimana diubah dengan Peraturan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Nomor 027/H/EP/2015, sebagai berikut:

Spesifikasi Blangko SHUN terdiri atas :

1.      Spesifikasi kertas;
Spesifikasi kertas Blangko SHUN  : Jenis kertas berpengaman khusus (securitypaper), Ukuran : 21 cm x 29,7 cm tegak,   Berat : 100 gr/m² dengan toleransi ± 4 gr/m², Tebal : 100 mikrometer dengan toleransi ± 10 mikrometer,  Opasitas : 90 % (minimum),  Kecerahan : 80 % dengan toleransi ± 2 % (brightness), Bahan : pulp kayu kimia 100 %,  Warna : putih, Pengaman : tanda air lambang negara Garuda Pancasila sebar,  dan Minutering : berupa serat tidak berpendar berwarna merah di bawah sinar matahari dan serat berpendar berwarna biru dan kuning bila disinari sinar ultra violet.

2. Spesifikasi bingkai : Bingkai warna pada blangko ijazah membedakan antar Paket A,B dan C. Spesifikasi bingkai Blangko Ijazah  sebagai berikut:
·        Bingkai Merah (pantone 206 U), kuning (pantone 123 U), dan hitam untuk SD, SDLB, dan Paket A.

·        Bingkai Biru (pantone 293 U), kuning (pantone 123 U), dan hitam untuk SMP, SMPLB, dan Paket B.

·    Bingkai Hijau (pantone 356 U), kuning (pantone 123 U), dan hitam untuk SMA, SMALB, dan SMK, Paket C.

Latar belakang Blangko Ijazah terdiri atas:

a.      Latar belakang yang kasat mata :
Latar belakang yang kasat mata berupa logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada bagian tengah Blangko yang kasat mata dan di blok yang akan memendar berwarna kuning apabila disinari sinar ultra violet.

b.      Latar belakang yang tidak kasat mata:
1. tulisan berkontur “IJAZAH 2015”, pada bagian bawah tengah, menggunakan tinta tidak kasat mata yang akan memendar berwarna kuning apabila disinari ultra violet (invisible).

2. tanda pengaman dua dimensi yang diletakkan pada ornamen sudut kiri atas yang apabila ditempel dengan film raster khusus akan tampak logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, apabila dibalik/diputar akan tampak kata “DIKDAS” untuk SD, SDLB, SMP, SMPLB, Paket A, dan Paket B dan akan tampak kata “DIKMEN” untuk SMA, SMALB, SMK, dan Paket

3.  tanda pengaman dua dimensi yang diletakkan pada ornamen sudut kanan atas yang apabila ditempel dengan film raster khusus akan tampak Lambang Negara Garuda Pancasila dan apabila dibalik/diputar akan tampak angka “2015”.

4.   pengaman anti-copy bergradasi warna dan mengandung pesan tersembunyi di dalamnya berupa kata “COPY” apabila direproduksi/ dipindai (scan)/difotokopi, terdapat pada ornamen kanan bagian bawah.

5.   tanda pengaman tambahan yang hanya diketahui oleh penyedia barang/jasa dan tidak boleh diletakkan atau tumpang tindih pada Lambang Negara Garuda Pancasila.

  • Peraturan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  Tentang :Perubahan Bentuk Spesifikasi,dan Pencetakan Blangko Download / Lihat Disini
  • Contoh bentuk Blangko tahun ajaran 2014/2015 dapat di lihat disini 






0 komentar:

Poskan Komentar